Loading

Kamis, 02 Januari 2014

Mengenal Hypnobirthing

Hypnobirthing telah berkembang di dunia saat ini termasuk di Indonesia. Mari mengenal lebih jauh mengenai hypnobirthing yang dipilih oleh Kate Middleton untuk melahirkan the Royal Baby, yang dapat membantu para ibu melahirkan dengan lebih nyaman, alami dan relaks.
shutterstock 50345656 300x269 Mengenal Hypnobirthing
Hypnobirthing untuk persalinan yang nyaman
Melahirkan adalah suatu proses yang menggembirakan, ditunggu-tunggu atau mencemaskan yang dialami para ibu. Persalinan umumnya dianggap sebagai suatu proses yang menyakitkan. Namun sekarang sudah dikembangkan praktek hypnobirthing yang dapat diterapkan sejak masa kehamilan dan sangat berguna saat kehamilan, persalinan juga masa nifas. Mari kita simak lebih lanjut mengenai hypnobirthing termasuk sejarah dan keuntungannya bagi ibu dan bayi.  
Apakah hypnobirthing?
Hypnobirthing adalah suatu metode self hypnosis yang dilakukan pada saat kehamilan dan persalinan. Namun perlu diketahui bahwa hypnobirthing bukan hipnotis yang akan membuat sang ibu tertidur dan tak sadarkan diri saat melahirkan, melainkan suatu pemrograman pikiran bawah sadar dengan afirmasi atau kata-kata positif yang membawa ketenangan. Metode ini berpusat pada relaksasi, pernafasan yang dalam dan tenang, visualisasi serta afirmasi positif.
Gagasan hypnosis dalam persalinan sudah ada sejak tahun 1920an diangkat oleh Dr. Grantly Dick-Read, seorang dokter ahli kebidanan dari Inggris. Lalu sejak itu mulai dikembangkan lebih lanjut hingga Marie F. Mongan pada tahun 1959 memperkenalkan hypnobirthing hingga saat ini yang lebih dikenal dengan “The Mongan Method”. Pada tahun 2002, seorang bidan berpengalaman, Lanny Kuswandi membawa hypnobirthing ke Indonesia dan terus berkembang hingga saat ini, di mana ia ingin membagikan pengalamannya demi menciptakan generasi yang lebih baik.
Mungkinkah melahirkan tanpa rasa sakit?
Meskipun orang-orang yang pernah melahirkan berkata pasti sakit baik secara alami atau operasi. Namun melahirkan tanpa rasa sakit itu mungkin saja terjadi bila sang ibu benar-benar berada dalam keadaan sangat relaks dan tenang. Nyeri ketika persalinan itu muncul sebagai suatu sinyal atau kode yang memberitahu bahwa bayi akan segera keluar dari rahim dan setiap ibu akan merasakan nyeri yang berbeda-beda. Jadi kontraksi adalah suatu proses alami dan relaksasi akan sangat berguna pada saat ini. Ketika melahirkan ada berbagai faktor yang mempengaruhi sang ibu seperti kondisi fisik, batin, lingkungan. Rasa takut yang dialami ibu dapat meningkatkan kadar ‘hormon stress’ dalam tubuh yaitu Katekolamin dan Adrenalin sehingga dapat mengakibatkan bertambahnya rasa nyeri menjelang persalinan. Sedangkan sebaliknya bila ibu sedang dalam keadaan relaks, tenang serta sebaiknya didampingi oleh ayah yang membantu memberikan pijatan relaksasi atau afirmasi positif, dapat membantu meningkatkan hormon endorphin yang berguna sebagai morfin atau obat penahan sakit alami tubuh.
Manfaat hypnobirthing
Menurut hasil penelitian dan sharing dari para ibu yang sudah menjalani hypnobirthing, ada beberapa manfaat penting bagi ibu dan bayi.
Bagi sang ibu,
  • Meningkatkan ketenangan sehingga membantu sel-sel tubuh tumbuh lebih sehat
  • Mengurangi mual, muntah dan pusing
  • Mengurangi kemungkinan baby blues pasca melahirkan (post-partum depression)
  • Mengurangi stress, takut, kecemasan menjelang dan saat melahirkan
  • Mengurangi resiko komplikasi dalam kehamilan
  • Mengurangi resiko operasi
  • Meningkatkan pemulihan post-partum (pasca melahirkan)
  • Meningkatkan kadar endorphin tubuh
  • Membantu ibu yang memiliki hipertensi
  • Memperbaiki letak janin dengan komunikasi dengan bayi
Bagi sang bayi,
  • Meningkatkan suplai oksigen yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya
  • Meningkatkan ikatan batin antara bayi, ibu dan ayah
  • Bayi lebih tenang setelah melahirkan (tidak rewel)
  • Meningkatkan produksi ASI
  • Mengurangi trauma fisik dan batin
  • Menyiapkan generasi yang sehat, cerdas dan damai
Sekarang dengan berkembangnya hypnobirthing di Indonesia, banyak ibu yang ingin melahirkan di rumah  dengan alasan lebih nyaman dan bisa melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) yang dibantu oleh bidan yang berpengalaman. Waterbirthing (melahirkan di air) juga dapat dilakukan dengan hypnobirthing. Semoga penjelasan ini dapat membantu para ibu untuk membuat pilihan dalam mempersiapkan kelahiran sang buah hati yang lancar dan menyenangkan.
Sumber: hypnobirthingindonesia.com

nah..
jika saudara ingin tau lebih lanjut mengenai dampak positif hypnobirthing, silahkan buka link ini ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar